Rabu, 20 Februari 2013

8 Keajaiban Geologis yang Menakjubkan di Dunia

1. The Wave ( Terletak diantara Arizona dan Utah, AS )


Pemandangan bebatuan cadas merah yang memukau di perbatasan Arizona dan Utah. The Wave berasal dari bukit pasir berusia 190 juta tahun yang telah berubah menjadi batu. Formasi yang jarang dikenal ini hanya dapat dicapai dengan berjalan kaki melalui perjalanan sejauh 3 mil dan tanpa hambatan.


2. Gua Kristal Raksasa ( Meksiko )

Ditemukan jauh didalam sebuah tambang di Chihuahua, Mexico, kristal-kristal ini terbentuk di sebuah gua yang seluruhnya terturup karang batu. Sebuah geodesi penuh dengan kristal yang mengagumkan setinggi pohon cemara, dan pada beberapa tempat sekelilingnya kristal tersebut ada yang berwarna sebening emas dan perak dengan berbagai rupa dan bentuk yang luar biasa.


3. Lembah Antelope ( Arizona, AS )

Merupakan jurang di barat daya Amerika yang paling sering dikunjungi dan diabadikan gambarnya. Lembah Antelope ini bertempat di daratan Navojo dekat Page, Arizona.


4. Mata Sahara ( Mauritania )

Daratan luas spektakuler di Mauritania,  bagian barat-selatan gurun Sahara yang sangat besar ini berdiameter 30 mil yang dapat dilihat diluar angkasa. Disebut struktur Richat atau mata sahara, pada awalnya pembentukan ini diperkirakan disebabkan oleh tubrukan batu meteor, namun sekarang ahli geologi percaya itu adalah hasil dari peninggian tanah atau erosi. Penyebab bentuknya melingkar masih sebuah misteri.
5. Gua Danau Biru ( Brasil )

Wilayah Mato Grosso do Sul di Brazil (dan khususnya kota sunyi Bonito) membanggakan dengan banyak danau bawah tanah yang mengagumkan. Gua Danau Biru (Gruta do Lago Azul) adalah sebuah gua alam yang bagian dalamnya membentuk stalaktit, stalakmit, dan terdapat danau biru besar dan mengagumkan.


6. Lubang Biru Besar ( Belize )

Bagian dari sistem batu menara api, Lubang Biru Besar terletak kira-kira 60 mil di daratan luar Belize, AS. Lingkaran lubang yang besar dan menakjubkan ini mempunyai jarak lintas kira-kira seperempat dari 1 mil (0,4 km), Ini merupakan  salah satu tempat terjun paling menakjubkan yang ditemukan di Bumi. Di dalam lubang ini, terdapat air berjarak 480 kaki (145m) dan kedalaman air memberikan struktur biru tua yang membuat dunia menyebutnya "Lubang Biru".


7. Batu Ombak ( Australia )

Batu ombak adalah sebuah formasi batu alami yang berlokasi di Australia Barat. Nama ini diperoleh karena memang batuannya memiliki bentuk seperti ombak yang tinggi. Seluruh bagian permukaan menutupi beberapa hektar, bagian ombak dari batu itu memiliki tinggi 15 meter dan kira-kira 110 meter panjangnya. 


8. Gerbang Neraka ( Uzbekistan )

Disebut orang sebagai pintu neraka, tempat ini terletak di sebuah kota kecil di Darvas di Uzbekistan. Saat ahli geologi melakukan pengeboran gas 35 tahun lalu, tiba-tiba mereka menemukan gua bawah tanah yang sangat besar. Seluruh lokasi pengeboran dan peralatan-peralatan masuk terperosok dalam tanah. Tidak ada yang berani turun ke tanah karena gua tersebut dipenuhi gas yang mudah terbakar, sehingga mereka membakarnya hingga tidak ada gas beracun yang keluar dari lubang itu, dan saat itu mereka telah membakarnya. Tidak ada yang tahu berapa ton gas luar biasa telah dibakar dalam tahun-tahun tersebut namun sepertinya tidak akan berhenti terbakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar