Sabtu, 02 Februari 2013

8 Mitos di Tempat Wisata Terkenal Dunia

Tempat-tempat berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang paling terkenal di dunia. Selain karena sejarahnya, ternyata tersimpan mitos dan legenda di baliknya. Berikut adalah 9 mitos di tempat wisata terkenal dunia :


1. Tembok Besar China bisa dilihat di luar angkasa?

Tembok Besar China merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia, terletak di Republik Rakyat China. Pada 1987 bangunan ini dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Tembok Besar China disebut-sebut sebagai salah satu  bangunan buatan manusia yang  terlihat dari luar angkasa dengan mata telanjang. Namun setelah dilakukan investigasi oleh para astronot, presepsi itu tidak benar.

Hal ini dibuktikan oleh astronot China, Yang Liwei pada tahun 2003. Dari pengamatannya pada orbit yang rendah, buatan manusia seperti jalan, kapal laut, kota dll memang dapat terlihat. Namun pada saat melewati orbit Bumi dengan tinggi puluhan ribu kaki, tak satupun benda di permukaan Bumi yang dapat terlihat, bahkan Tembok Besar China sekalipun.


2. Tak ada gedung tinggi di Washington, ulah politikus?

Gedung Capitol  digunakan sebagai kantor Kongres Amerika Serikat. Bangunan ini terletak di Washington D.C, dipuncak Capitol Hill. Gedung ini adalah tempat wisata lain selain Gedung Putih. Bila anda berkunjung ke Washington D.C, anda akan melihat tidak ada bangunan yang memiliki gedung pencakar langit. Menurut mitos yang beredar, penyebabnya adalah karena tidak ada yang boleh lebih tinggi dari Gedung Capitol. Sebagai simbol bahwa tidak ada yang boleh lebih tinggi dari politisi yang bertempat pada gedung tersebut.

Namun mitos hanyalah mitos, hal tersebut bukan karena tidak diperbolehkan oleh politisi, melainkan karena Presiden AS ke-3, Thomas Jefferson mengeluarkan UU tentang pembatasan tinggi bangunan.


3. Bendungan Besar, tempat kuburan puluhan pembangunnya

Bendungan Hoover adalah bendungan di Black Canyon Sungai Colorado, di perbatasan antara negara bagian Arizona dan Nevada, Amerika. Dibalik kepopulerannya, konon bendungan ini memiliki kisah horror. Kabarnya, selama pembangunan, bendungan ini telah menerima "tumbal" 96 nyawa pekerja yang membangunnya. Tubuh mereka yang tewas dikabarkan dikubur didalam bendungan.

Namun, berita itu tidak benar. Bendungan ini dibuat dari ribuan blok beton  yang ditumpukkan satu persatu sehingga tidak mungkin ada jenazah yang dikuburkan disana dan tak terlihat.


4. Batu misterius di Inggris, tempat ritual?

Stonehenge merupakan suatu bangunan yang dibangun pada Zaman Perunggu dan Neolitikum. Bangunan ini terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris. Sekitar 13km dari Salisbury. Wisatawan yang mengunjungi tempat ini umumnya dibawa oleh rasa penasaran mereka terhadap misteri  apa yang ada dibalik batu ini. Berbagai mitos dan teori manusia prasejarah hingga portal ke dunia alien menjadi daya tarik tempat wisata ini.

Selain itu, menurut legenda, Stonehenge merupakan tempat ritual Druid. Namun, menurut penelitian para arkeolog modern, Stonehenge tidak dibangun oleh Druid. Susunan batu aneh ini diyakini sudah ada sejak 2400SM, jauh sebelum Druid ada di wilayah ini.


5. Gedung Putih menjadi putih karena pernah dihanguskan oleh Inggris.

Gedung Putih adalah rumah kepresidenan AS. Gedung ini terletak di 1600 Pennsylvania Avenue di Washington D.C. Menurut legenda, dulu gedung ini berwarna abu-abu. Namun ketika terjadi perang pada 1812, Inggris menyerang AS dan membakar bangunan ini. Setelah itu gedung ini diwarnai putih seluruh bangunannya.

Sebagian legenda tersebut memang benar, Inggris memang membakar hangus gedung putih di tahun 1814. Namun sebenarnya, Gedung Putih sudah berwarna putih sebelum Inggris membakarnya. Gedung ini dikenal karena warnanya sejak tahun 1811 jauh sebelum Inggris menyerangnya.


6. Jatuhkan koin dari gedung ini, nyawa orang lain ancamannya.

Empire State Building adalah gedung pencakar langit  yang memiliki 102 lantai di NYC dengan gaya Art Deco. Tadinya bangunan ini adalah yang tertinggi di New York, hingga World Trade Centre dibangun. Kabarnya, mitos menjatuhkan koin di lantai paling atas di Empire State Building, maka koin tersebut dapat membunuh orang yang dibawah. Namun mitos ini terbukti tidak benar. Koin yang jatuh dari Empire States Building mungkin akan membuat anda sakit di kepala, tidak sampai membunuh.


7. Ternyata, Istana Buckingham tidak ditinggali Ratu Inggris !

Istana Buckingham adalah  istana tempat peristiwa-peristiwa kenegaraan, tempat menyambut tamu negara, dan destinasi wisata. Banyak yang mengira Istana ini adalah kediaman dari Ratu Inggris. Namun meski kerap dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya acara resmi, dalam beberapa kesempatan Ratu Elizabeth menyebut bahwa kediaman resminya adalah di Istana St. James.

8. Gereja cantik, arsiteknya dibutakan agar tidak membuat bangunan lain

Katedral Santo, Brazil adalah gereja yang mempunyai banyak kubah berbentuk bawang di kompleks Lapangan Merah, Moskwa yang secara tradisional dipandang sebagai posisi unik Rusia di antara Eropa dan Asia. Gereja ini dibangun pada 1555 - 1561 dibawah penguasa Rusia ketika itu, Ivan the Terrible.

Kabarnya setelah gereja itu dibangun, Ivan membutakan mata arsitek  yang membangun gereja ini agar dia tidak membangun bangunan lain yang lebih indah dari gereja ini. Namun menurut sejarah,  seabad dan 4 tahun setelah kematian Ivan, sang arsitek kembali menambahkan beberapa bangunan lagi di gereja ini. Hal ini sekaligus menyangkal mitos dibutakannya arsitek tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar